Kanwil II Audiensi ke Bappeda dan Dinas Koperasi UMKM Kota Metro Bahas Perlindungan UMKM

Metro (12/2)- Kepala Kantor Wilayah II KPPU, Wahyu Bekti Anggoro didampingi Kapala Bidang Kajian dan Advokasi Septiana Winarpritanti melakukan audiensi dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo dan Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro, Siti Aisyah, yang diselenggarakan di kantor Bappeda Kota Metro. Audiensi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun koordinasi rencana sinergi dan kerjasama dalam pengawasan kemitraan di wilayah kerja Kota Metro.

“KPPU Berdasarkan amanat UU Nomor 20 Tahun 2008 dan PP No 17 Tahun 2013, diberikan amanat untuk melakukan pengawasan kemitraan yang dilakukan oleh pelaku usaha”, ungkap Wahyu. Lebih lanjut wahyu juga menjelaskan bahwa pelaksanaan pengawasan kemitraan tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan kemitraan yang adil dan sehat, sehingga pelaku usaha besar tidak menekan dan merugikan pelaku usaha kecil.

Menanggapi hal tersebut Kepala Bappeda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo menyambut hangat dan merespon positif peran KPPU yang berkaitan dengan pengawasan kemitraan, mengingat pertumbuhan UMKM di wilayah Kota Metro yang terus tumbuh karena adanya pengaruh dari dibukanya jalur tol Palembang—Metro. “Sejak adanya tol dari Palembang ke Kota Metro perekonomian di Kota Metro semakin menggeliat, wisatawan yang menuju Taman Wisata Way Kambas transit dan menginap di Kota Metro”, jelas Bangkit.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro, Siti Aisyah juga menambahkan bahwa produk olahan makanan adalah produk UMKM yang sedang tumbuh di Kota Metro. Meskipun hingga saat ini belum terdapat laporan tentang masalah kemitraan di Kota Metro, Siti berkomitmen jika Kedepannya Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro akan bersinergi dengan KPPU sebagai upaya untuk memajukan UMKM Kota Metro.